Hukum Memilih Pemimpin dari Non-Muslim - Keputusan Muktamar NU
5/18/2015
KEPUTUSAN BAHTSUL MASA'IL AL-DINIYAH AL-WAQI'IYYAH
MUKTAMAR
XXX NU
DI PP. LIRBOYO KEDIRI JAWA TIMUR
TANGGAL 21 s/d 27 NOPEMBER 1999
DI PP. LIRBOYO KEDIRI JAWA TIMUR
TANGGAL 21 s/d 27 NOPEMBER 1999
A. Pertanyaan
Bagaimana hukum orang Islam
menguasakan urusan kenegaraan kepada orang non Islam?
B. Jawaban
Orang
Islam tidak boleh menguasakan urusan kenegaraan kepada orang non Islam kecuali
dalam keadaan darurat, yaitu:
1.
Dalam bidang-bidang yang tidak bisa ditangani sendiri
oleh orang Islam secara langsung atau tidak langsung karena faktor kemampuan.
2.
Dalam bidang-bidang yang ada orang Islam berkemampuan
untuk menangani, tetapi terdapat indikasi kuat bahwa yang bersangkutan khianat.
3.
Sepanjang penguasaan urusan kenegaraan kepada non Islam
itu nyata membawa manfaat.
Catatan: Orang non Islam yang dimaksud
berasal dari kalangan ahl al-dzimmah dan harus ada mekanisme kontrol yang
efektif.
C. Dasar
Pengambilan Hukum
1.
Al-Quran Al-Karim
وَلَنْ يَجْعَلَ اللَّهُ
لِلْكَافِرِينَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ سَبِيلًا
"dan Allah sekali-kali tidak akan memberi jalan
kepada orang-orang kafir untuk memusnahkan orang-orang yang beriman." (QS:
An-Nisaa Ayat: 141)
2.
Tuhfah al-Muhtaj dan Hawasyi
al-Syarwani, Juz IX, h. 72
ولا يستعان عليهم بكافر ) ذمي أو
غيره إلا إن اضطررنا لذلك
قول المتن: ولا يستعان إلخ) أي يحرم
ذلك اه. سم, عبارة المغني والنهاية: (تنبيه) ظاهر كلامهم أن ذلك لا يجوز ولو دعت
الضرورة إليه لكنه في التتمة صرح بجواز الاستعانة به أي الكافر عند الضرورة
3.
Hawasyi al-Syarwani, Juz IX, h. 73
نعم ان قتضت المصلحة توليته في شىء لا
يقوم به غيره من المسلمين او ظهر من المسلمين خيانة و امنت في ذمي فلا يبعد جواز
توليته لضرورة القيام بمصلحة ما ولى فيه، و مع ذلك يجب على من ينصبه مراقبته و
منعه من التعرض لاحد من المسلمين
4.
Kanz al-Raghibin dan Hasyiyah
al-Qulyubi, Jilid IV, h. 156
ولا يستعان عليهم بكافر) لأنه يحرم
تسليطه على المسلمين
قوله: ولا يستعان)
فيحرم إلا لضرورة
5.
Al-Ahkam al-Sulthaniyah, hal. 22
والوزارة على ضربين وزارة تـفويض
ووزارة تـنـفيذ. اما وزارةالتـفويض فهى ان يستوزر الإسلام من يفوض اليه تدبـير
الأمور برأيه وإمـضاء ها على اجتـهاده
6.
Al-Ahkam al-Sulthaniyah, hal. 23
واما وزارة التـنـفيـذ فحكمها اضعـف
وشروطها اقل لأن النـظر فيها مقـصور على رأي الإمام وتـدبـيره
Jika kesulitan untuk mendownload, silahkan baca petunjuk disini: Cara Mendownload